e-Statement

Statement merupakan sejenis print out laporan transaksi tabungan nasabah. Bentuknya mirip sekali dengan tagihan billing kartu kredit. Keuntungan dari adanya statement ialah semua transaksi yang bukukan akan tercatat oleh sistem dan tertulis keterangannya. Hal ini tentunya akan sangat memudahkan nasabah saat melakukan pembukuan keuangan.

Kelemahan dari statement yang paling utama ialah perihal pengiriman. Beberapa kali terjadi pengiriman statement nasabah salah alamat karena berbagai faktor. Hal tersebut tentu akan membuat nasabah sangat tidak nyaman karena hal tersebut terkait dengan Confidential. Selain itu ada kemungkinan datanya di baca oleh yang tidak berhak jika dokument tersbut belum di destroy.

e-Statement merupakan bentuk softcopy dari statement. Proses pengirimannya sendiri biasanya di lakukan via e-mail. Selain perihal detail transaksi yang tersedia, keuntungan lain dari e-Statement ialah data tersebut langsung terkirim ke e-mail nasabah. Jadi kemungkinan kesalahan pengiriman bisa lebih diminimalisasi. Selain itu proses pengiriman via e-Statement ini cenderung tepat waktu. Saat dimana e-Statement dikirim, saat itu juga kita menerimanya.

Dari sisi kelemahan, sejauh pengalaman menggunakan fasilitas e-Statement bisa bilang nyaris tidak ada. Kalaupun ada, biasanya faktor diluar bank, misalnya e-mail kepenuhan atau server dari provider e-mail error dll.